STROKE

Menurunkan resiko stroke


Menurut American Heart Association, 

1 Gelas air lemon bermanfaat untuk menurunkan resiko stroke

Apa sih  penyakit stroke itu ?

Penyakit stroke ialah penyakit yang terjadi saat pasokan darah mengarah ke otak terganggu atau sama sekali berhenti, sampai-sampai jaringan otak minim oksigen dan nutrisi. Dalam hitungan menit, sel-sel saraf mulai mati. Penyakit ini merupakan situasi yang dapat menghantui hidup setiap orang dan dapat memunculkan kerusakan permanen pada jaringan otak




Ada 3 jenis kondisi STROKE


I. Stroke Ringan


Transient ischemic attack (TIA) atau tidak jarang disebut stroke ringan ialah kekurangan darah pada sistem saraf secara singkat, seringkali kurang dari 24 jam atau bahkan berlangsung dalam hitungan menit. Kondisi ini terjadi ketika sel saraf tidak mendapat pasokan darah yang cukup.

Penyebab stroke ringan adalah saat plak atau darah yang beku pada pembuluh arteri menghambat pembuluh darah yang memasok darah ke otak.


II. Stroke Iskemik


Penyakit stroke iskemik ialah kondisi yang terjadi saat pembuluh darah yang menyuplai darah ke sel saraf di otak terhalang oleh gumpalan darah.

Jenis penyakit ini bertanggung jawab atas 87 persen dari total permasalahan penyakit ini

Gumpalan darah sering disebabkan oleh aterosklerosis, yaitu penumpukan timbunan lemak di lapisan dalam pembuluh darah. Sebagian dari timbunan lemak ini dapat lepas dan menutup aliran darah di sekitar otak. Konsepnya serupa dengan serangan jantung, di mana gumpalan darah merintangi aliran darah ke jantung Anda.

Kondisi ini mempunyai sifat embolik, yang berarti gumpalan darah beralih menuju ke otak, seringkali  gumpalan tersebut berasal dari jantung dan arteri besar di dada dan leher.

Diperkirakan 15 persen permasalahan embolik ini diakibatkan oleh situasi yang dinamakan fibrilasi atrial In, yaitu  sebuah situasi dimana jantung kita berdetak tidak teratur. Ini menciptakan situasi di mana gumpalan di jantung terlepas dan mengalir ke otak. Gumpalan darah yang menyebabkan situasi ini tidak bisa serta merta hilang dengan sendirinya tanpa ada penanganan khusus.

Penyebab stroke iskemik adalah saat darah yang membeku menyumbat pembuluh darah. Jenis ini adalah jenis yang biasa terjadi pada orang lanjut usia.


III. Stroke Hemoragik


Penyakit stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak bocor atau pecah. Stroke hemoragik menyumbang 13 persen dari total permasalahan penyakit ini.

Kondisi ini bermula dari pembuluh darah yang melemah, lantas pecah dan menumpahkan darah ke sekitarnya. Darah yang bocor jadi menumpuk dan menghambat jaringan di sekitarnya. Kematian atau koma panjang bakal terjadi  jika pendarahan terus menerus terjadi.

Penyebab stroke hemoragik adalah saat pembuluh darah di dalam benak bocor atau pecah sampai-sampai darah mengalir ke dalam benak atau ke permukaan otak. Jenis stroke ini tidak seumum iskemik tetapi lebih mematikan.


Ada dua jenis stroke hemoragik. 


1. Aneurisma

 Yaitu kondisi dimana sebagian pembuluh darah melemah sampai mengembang layaknya balon dan kadang pecah.

2. Malformasi arteriovenosa

Yaitu situasi pembuluh darah yang terbentuk secara abnormal. Jika pembuluh darah semacam tersebut pecah, dapat menyebabkan stroke hemoragik.



Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-­tanda dan gejala Stroke?

Gejala stroke terjadi secara tiba-tiba dan selalu menyerang salah satu sisi tubuh kanan/kiri. Hal ini semakin memburuk dalam jangka masa-masa 24 hingga 72 jam. Gejala yang biasa terjadi adalah :


  1. Sakit kepala tiba-tiba
  2. Kehilangan keseimbanga sehingga terganggu saat berjalan
  3. Kelelahan
  4. Kehilangan kesadaran atau koma
  5. Vertigo dan pusing
  6. Penglihatan yang buram dan kabur
  7. Kelemahan atau mati rasa pada satu sisi tubuh kanan/kiri di wajah, tangan, kaki
  8. Gangguan pada mulut dan pendengaran.

Jika ada kemungkinan terdapat tanda-­tanda dan gejala stroke tsb. Segera konsultasikan dengan dokter.

DETEKSI DINI GEJALA STROKE



  1. Mintalah orang itu untuk tersenyum. 
  2. Periksa apakah satu sisi dari wajahnya tidak bereaksi
  3. Mintalah orang itu untuk mengusung kedua tangannya. 
  4. Perhatikan bilamana ada satu tangan yang menggeluyur ke bawah.
  5. Mintalah orang itu untuk mengulangi kalimat sederhana. 
  6. Periksa apakah ada ucapan-ucapan yang tidak jelas dan apakah kalimat bisa diulang dengan benar.


PENYEBAB UMUM STROKE



  1. Faktor risiko gaya hidup
  2. Berat badan berlebihan atau obesitas
  3. Tubuh yang tidak aktif bergerak
  4. Konsumsi alkohol
  5. Obat-obatan terlarang seperti kokain dan metamfetamin.
  6. Tekanan darah yang tinggi – risiko pada situasi ini dapat merangsang tingginya desakan darah melebihi 120/80 mm Hg.
  7. Memiliki sejarah individu atau family yang mengalami situasi ini, serangan jantung, atau stroke ringan


TERAPI STROKE

Setelah merasakan stroke, tak jarang sejumlah orang akan mengerjakan terapi stroke. Ada beberapa teknik untuk menolong penderita stroke.

  1. Mempelajari ulang keterampilan yang hilang saat penyakit ini menyerang. Terapi stroke dapat menolong Anda menemukan kembali kemandirian dan menambah kualitas hidup Anda.
  2. Latihan kemampuan motorik. Latihan-latihan ini dapat menolong meningkatkan kekuatan dan koordinasi otot kita kembali. Biasanya orang yang mengerjakan terapi ini ialah orang yang otot lidahnya melemah. Terapi ini dapat memperkuat otot kita untuk berkata ataupun menelan
  3. Terapi mobilitas. Anda barangkali perlu belajar memakai alat tolong mobilitas, laksana alat tolong berjalan, tongkat, kursi roda atau penahan pergelangan kaki. Penyangga pergelangan kaki bisa menstabilkan dan memperkuat pergelangan kaki kita untuk menolong mendukung berat badan Anda ketika Anda belajar pulang
  4. Berjalan
  5. Constraint-induced. Terapi ini dilaksanakan oleh anggota tubuh beda yang tidak terkena akibat dari situasi ini. Anggota tubuh yang tidak terpapar Terapi stroke ini kadang-kadang dinamakan terapi pemakaian paksa.
  6. Range-of-motion. Latihan dan perawatan ini bertujuan untuk meminimalisir ketegangan otot (kelenturan) dan menolong Anda menemukan kembali gerak tubuh yang lentur.
  7. Terapi psikologis dan emosional pun mungkin dilaksanakan dengan sejumlah jenis berikut:
  • Terapi gangguan kognitif. 
  • Terapi okupatif  
  • Terapi wicara ini dapat menolong Anda dengan keterampilan kognitif yang hilang, laksana memori, pemrosesan, pemecahan masalah, kemampuan sosial, penilaian, dan kesadaran diri kita Terapi guna gangguan komunikasi. Terapi wicara dapat menolong Anda menemukankembali keterampilan yang hilang dalam berbicara, mendengar, menulis, dan mengetahui perkataan lawan bicara.


TIPS MEMILIH MAKANAN YANG AMAN :


1. Batasi konsumsi garam


Bagi kita yang mempunyai riwayat penyakit ini, maka usahakan hindari pemakaian garam yang berlebihan serta konsumsi makanan atau minuman yang berisi natrium tinggi. Jumlah natrium yang tinggi yang terdapat di dalam garam serta makanan kemasan adalah salah satu pemicu timbulnya gangguan pembuluh darah yang terjadi pada Anda.

2. Pilih makanan dengan lemak sehat


Lemak yang tinggi di dalam tubuh, melulu akan menciptakan kadar kolesterol naik. Hal ini yang lantas membuat seseorang rentan terkena situasi ini atau serangan jantung mendadak.

Oleh sebab itu, mulai kini hindarilah makanan yang berisi lemak jenuh tinggi, misalnya makanan yang digoreng deep frying, gajih pada daging, jeroan, serta kulit ayam. Sebagai gantinya, makanan untuk situasi ini yang baik dikonsumsi yakni kacang-kacangan yang berisi lemak baik, laksana kacang almond.

3. Atur porsi 


Jika memang Anda merasakan masalah susah makan, maka usahakan kurangi porsi tetapi perbanyak frekuensi santap Anda dalam satu hari. sesuaikan makanan yang dikonsumsi dengan keperluan kalori yang kita miliki.

Bila bingung, Anda bisa berkonsultasi pada berpengalaman gizi dalam menciptakan perencanaan diet yang benar.

GAYA HIDUP :

  1. Berhenti merokok
  2. konsumsilah obat-obatan Herbal
  3. Olahraga cocok dengan tuntunan dokter Anda
  4. Makanlah makanan yang rendah lemak
  5. Hindari minuman beralkohol 

Keterangan lebih lanjut Silakan diskusikan dengan dokter !!!


Setiap orang mempunyai risiko stroke. Penyakit stroke bisa terjadi pada kelompok usia berapapun. kita dapat menurunkan resiko penyakit ini dengan mengkonsumsi Buah Lemon setiap hari.

Kini tersedia Sari Lemon alami , sehat dan tanpa tambahan bahan kimia yang berbahaya.
Lemone sari lemon 100% murni dengan segala kebaikan alam.

================================================
Untuk pemesanan silahkan klik : https://wa.me/6287759063123

Belum ada Komentar untuk "STROKE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel